Rabu, 01 Agustus 2012

Belajar Kanji Dengan Mudah Lewat Zkanji


Pernah belajar bahasa jepang ? Kalo udah anda pasti ngerti banget betapa ribetnya ngapalin huruf di bahasa ini. Kalo buat anda yang belum pernah belajar, ini penjelasan singkatnya. Bahasa jepang terdiri dari 3 jenis huruf, yaitu hiragana yang dipake buat menulis kata-kata dalam bahasa jepang, katakana yang dipake buat menulis kata dalam bahasa asing ke dalam bahasa jepang, serta kanji yang satu hurufnya bisa menggambarkan suatu karakter dan jumlahnya ribuan. (CMIIW).


Jumlah kanji di zkanji
Nah, huruf kanji ini yang sering jadi momok dalam susahnya bahasa jepang, bahkan untuk orang jepang sendiri. Karena selain jumlahnya yang banyak, urutan penulisan goresannya juga harus tepat. Jika urutan penulisannya salah, maka huruf yang dihasilkan juga salah.

Kalo anda tertarik untuk belajar kanji ataupun terpaksa HARUS belajar kanji (I knew how it feels), ada software yang bisa membantu anda. Software itu berjudul zkanji. Zkanji membuat klasifikasi huruf kanji yang sebaiknya anda pelajari. Mulai dari kanji tingkat SD hingga kanji tingkat JLPT ada di aplikasi ini. 

Di aplikasi ini anda bisa mengelompokkan kanji yang anda ingin pelajari ke dalam kelompok tersendiri.  Lalu anda juga bisa mengecek hubungan antara satu kanji dengan kanji lainnya, fitur ini tentunya bisa membantu anda lebih memahami filosofi dari kanji tersebut (ciiee, bahasanya). Fitur lainnya yang menjadi favorit saya yaitu animasi dari goresan kanjinya, sehingga anda bisa menghapalkan urutan dari goresan kanji tersebut. 

Ada panduan nulis kanjinya
Dan tentunya aplikasi ini juga memiliki arti dari kanji tersebut serta cara membacanya dalam hiragana. Selain itu aplikasi ini juga bisa menjadi kamus inggris – jepang dan jepang – inggris, yang kerennya saat anda memasukkan kata dalam bahasa jepang untuk searching, maka tulisan yang anda ketik jadi hiragana. Cara baca kanji di aplikasi ini terbagi jadi 2, yaitu ON reading dan Kun reading. FYI, KUN reading maksudnya yaitu cara baca kanji dalam bahasa jepang, sementara ON reading yaitu cara baca kanji dalam bahasa cina, mengingat huruf kanji juga lumayan banyak yang berasal dari huruf cina (yang langsung menjelaskan kenapa kanji ribet banget  ).

Kekurangan dari aplikasi ini yaitu tampilannya yang terlihat crowded dan ribet pada pandangan pertama. Sehingga anda perlu mencoba-coba banyak menu yang ada di aplikasi ini. Yang parahnya lagi pada defaultnya anda tidak bisa langsung melihat animasi penulisan kanji (sempet merasa gaptek parah…) sampe anda mengklik icon bertuliskan S.O.D. 

Agak crowded ya
Kalau tertarik, anda bisa mengunduh zKanji dengan gratis di link ini

Bagaimana, siap belajar kanji ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar